Resensi Buku Manajemen Perbankan Syariah


Identitas Buku Ajar Manajemen Perbankan Syariah
Judul Buku : Manajemen Perbankan Syariah
Penulis : Gita Danupranata
Jumlah Halaman Buku : 244 hlm.
Penerbit : Salemba Empat
Tahun Terbit : 2013

Isi Buku Ajar Manajemen Perbankan Syariah
Pasal 1 UU No. 21 Tahun 2008 menyatakan bahwa Perbankan Syariah adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang Bank Syariah dan Unit Usaha Syariah, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya. Undang-undang tersebut juga menyatakan bahwa Bank Syariah adalah Bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan Prinsip Syariah dan menurut jenisnya terdiri atas Bank Umum Syariah dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Bank Umum Syariah adalah Bank Syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Sedangkan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah adalah Bank Syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Adapun Prinsip Syariah adalah prinsip hukum Islam dalam kegiatan perbankan berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh lembaa yang memiliki kewenangan dalam penetapan fatwa di bidang syariah.
Manajemen perbankan syariah paling tidak membahas tentang manajemen umum, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia (MSDM), manajemen operasional, manajemen keuangan, dan manajemen risiko dari perbankan syariah.
Produk utama perbankan dari bank sebagai perusahaan jasa adalah penghimpunan dana, penyaluran dana, dan layanan/jasa perbankan. Produk jasa bank adalah jasa setoran (setoran pembayaran telepon, listrik, air atau uang kuliah), jasa pembayaran (gaji, pension, atau hadiah), jasa penyimpanan dokumen, jasa cek wisata, jasa kartu kredit, jasa letter of credit, jasa bank garansi dn referensi bank, dan lain-lain. Untuk mendukung operasionalisasi produk-produk perbankan tersebut bank syariah dilengkapi dengan berbagai instrument, sebagai berikut : Perangkat likuiditas bank syariah, Bai’al- Dayn, Pasar Uang Antar- Bank Syariah (PUAS) dan Sertifikat Wadi’ah Bank Indonesia (SWBI).
 Operasional bank syariah yaitu menghimpun dana dari masyarakat dengan akad wadi’ah, mudharabah, musyarakah, murabahah, salam, ijarah dan qardh. Dana yang dihimpun selanjutnya oleh bank syariah disalurkan kepada pihak yang memerlukan dana dengan akad bagi hasil, sewa-menyewa, dan jual beli. Dari akad bagi hasil, bank akan memperoleh pendapatan bagi hasil, sedangkan dari akad sewa bank akan memperoleh biaya sewa. Sementara, dari akad jual beli, bank akan memperoleh keuntungan berupa margin. Selain tugas utama menghimpun dan menyalurkan dana, bank syariah juga memberikan layanan/jasa kepada nasabah dengan memperoleh fee dari pengguna layanan perbankan.
Bank Syariah harus mempersiapkan strategi penggunaan dana-dana yang dihimpun sesuai dengan rencana alokasi berdasarkan kebijakan yang telah ditetapkan. Alokasi ini mempunyai beberapa tujuan yaitu mencapai tingkat profitabilitas yang cukup dan tingkat risiko yang rendah serta mempertahankan kepercayaan masyarakat dengan menjaga agar posisi likuiditas tetap aman. Untuk mencapai kedua tujuan tersebut, alokasi dana-dana bank harus diarahkan sedemikian rupa agar pada saat yang diperlukan, semua kepentingan nasabah dapat terpenuhi.

Keunggulan Buku Ajar Manajemen Perbankan Syariah
Buku ini memiliki keunggulan yaitu mampu memberi informasi mengenai manajemen, perkembangan, produk, strategi penggunaan dana di Bank Syariah. Selain itu buku ini menampilkan bagan atau gambar sehingga pembaca lebih jelas dalam memahami isi buku ini dengan hanya melihat bagan atau gambar tersebut.

Kelemahan Buku Ajar Manajemen Perbankan Syariah
Buku ini memiliki kelemahan yaitu kurang memberikan penjelasan secara detail mengenai manajemen keuangan di Bank Syariah sehingga bagi pembaca yang masih pemula materi dalam buku ini tidak tersampaikan dengan baik ke pembaca. Selain itu buku ini memakai bahasa yang kurang dapat dipahami oleh pembaca.

Kesimpulan Buku Ajar Manajemen Perbankan Syariah
Buku ini bisa jadi rekomendasi bagi mahasiswa ekonomi, sebab di dalam buku ini terdapat berbagai macam manajemen di Perbankan syariah. Sebab di dalam bank syariah terdapat berbagai macam manejemen misalnya manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen investasi dan pembiyaan, manajemen likuiditas serta manajemen risiko. Dalam manajemen pemasaran terdapat produk bank syariah, penentuan harga dan promosi yang dilakukan oleh bank syariah. Pengembangan kemampuan kerja juga terdapat pada manajemen SDM.
Resensi
http://library.uny.ac.id
Danupranata,Dita.2013.Manajemen Perbankan Syariah.Salemba Empat


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Pengantar Bisnis

Menutup Aurat